Jl. Wolter Mongonsidi No. 1 Tenggarong

DETAIL BERITA BPKAD KUKAR


blog image
25 Feb

BPKAD GELAR SOSIALISASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET

TENGGARONG – vivaborneo.com, Masih banyaknya aset-aset pemerintah daerah yang belum dimanfaatkan secara optimal, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kukar menggelar sosialisasi optimalisasi pemanfaatan aset pemerintah daerah dalam rangka menunjang PAD di Kukar, yang berlangsung selama tiga hari dari Tanggal 11 s/d 13 Oktober 2012 di Pendopo Wakil Bupati Kukar.

Kasi Pemanfaatan Aset Daerah BPKAD H Ahmad mengatakan sosialisasi digelar atas kerjasama BPKAD Kukar dengan Kementerian Dalam Negeri dan Masyarakat Penilai Properti Indonesia (MPPI),  dengan tujuan agar barang milik daerah berupa tanah dan/atau bangunan dan selain tanah dan/atau bangunan yang telah diserahkan oleh pengguna kepala pengelola dapat didayagunakan secara optimal sehingga tidak membebani anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), khususnya biaya pemeliharaan dan kemungkinan adanya penyerobotan dari pihak lain yang tidak bertanggungjawab. “Guna menunjang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), untuk melakukan pemanfaatan asset-aset pemerintah daerah baik dengan cara pinjam pakai, penyewaan, kerjasama pemanfaatan, bangun guna serah, bangun serah guna,” ujar Ahmad Menurut Ahmad jika pemanfaatan barang milik daerah dapat dilakukan secara optimal, maka  akan berdampak pada semakin terbukanya lapangan kerja baru bagi masyarakat Kukar, guna meningkatkan pendapatan masyarakat dan menambah pendapatan daerah.

 

 

Kepala BPKAD Kukar Sutrisno pada kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi yang digelar BPKAD merupakan salah satu sarana untuk turut mendukung dan mewujudkan keinginan pemerintah daerah, yaitu agar laporan keuangan daerah mendapat penilaian yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. “Salah satunya adalah memperbaiki pengelolaan  aset daerah,” ujar Sutrisno

Menurut Sutrisno mengingat aset  yang dimiliki pemerintah Kukar tersebar sampai ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dia berharap agar petugas-petugas yang ditunjuk oleh masing-masing SKPD, untuk dapat mengelola aset dimasing-masing SKPD dengan baik dan benar sesuai aturan yang berlaku.

“Jika terjadi permasalahan tentang pengelolaan aset di masing-masing SKPD, BPKAD akan selalu siap membantu dalam mencarikan solusi dan memfasilitasi menuju perbaikan. Saya berharap peserta dapat memanfaatkan kegiatan hari ini (Sosialisasi…red) untuk menggali sebanyak-banyaknya informasi, guna perbaikan pengeloaan aset daerah di Kukar,”pungkasnya lagi. (vb/rudi)